Launching Website Bidang Pendidikan Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali

Peringatan Hari Kartini di MIN Patas

Peringatan Hari Kartini di MIN Patas

 

Hari ini, seluruh wanita di Indonesia menyambut hari Kartini. Mereka mulai meninggalkan pakaian yang dikenakannya sehari-hari dan mulai mengenakan pakaian tradisional: Kebaya. Tak ketinggalan pula, para pria mulai mengenakan pakaian daerah, terutama pakaian adat Jawa maupun Sunda. Tak jarang mereka mulai bersolek cantik pada hari istimewa ini, dan mereka mulai berjalan dengan anggunnya ditengah modernisasi zaman, layaknya penampilan wanita-wanita Indonesia pada zaman dahulu. Tak peduli aktivitas dan status mereka: pelajar, mahasiswa dan karyawan mulai mengenakan kebaya sebagai bukti penghormatan mereka terhadap sosok Kartini, yang berhasil mengangkat kaum mereka menuju ‘derajat terang benderang’.

R.A Kartini adalah sosok perempuan yang menjadi pelopor emansipasi wanita di Indonesia. Beliau berjuang untuk mengangkat derajat kaum perempuan Indonesia, salah satu perjuangannya adalah melalui jalur pendidikan. Untuk mengenang jasanya, maka ditetapkanlah hari lahirnya, yaitu tanggal 21 April sebagai hari Kartini.

Pada tanggal 21 April 2016, MIN Patas mengadakan berbagai kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kartini. Dimulai dengan Upacara Bendera pada pukul 07.30, kemudian dilanjuti dengan lomba fashion show.

Perayaan Hari Kartini di MIN Patas tahun ini bertema “ Dengan Peringatan Hari R.A. Kartini Mari Bekali Generasi Kita dengan Nilai – Nilai Pendidikan Budi Pekerti Luhur Habis Gelap Terbitlah Terang”. Tujuan diadakannya perayaan Hari Kartini adalah memahami makna dari peringatan Hari Kartini menjadi ajang apresiasi dan kreasi siswa dalam bidang kesenian dan olahraga, mengakrabkan tali persaudaraan di lingkungan sekolah MIN Patas dan meningkatkan rasa nasionalisme.

Pemimpin Upacara pada peringatan Hari Kartini kali ini yaitu Ibu Nur Laili, S.Pd.I Dan Pembina Upacara yaitu Ibu Habibah, S.Ag. Setelah upacara usai, dilanjutkan dengan lomba fashion show yang diikuti oleh siswa kelas I-II. Para siswa berpenamilan berbeda dari biasanya. Mereka terlihat sangat cantik dengan mengenakan kebaya yang beraneka design dan warna. Siswa laki-lakipun tak kalah hebohnya. mereka berlenggak-lenggok bak seorang model ternama.

Pra Hari Kartini MIN Patas melaksanakan beberapa lomba, yaitu pertandingan catur, Lomba mengerek bendera, Lomba membaca doa, Lomba membaca Puisi dan  Lomba Membaca undang-undang. Semua peserta lomba bergembira dan antusias dalam mengikuti kegiatan lomba ini. Dalam pembacaan puisi, para peserta membacakan puisi dengan suara lantang dan bersemangat. Alhamdulillah, dengan kerjasama semua pihak Perayaan Hari Kartini ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar.

Semangat juang kewanitaan yang dipelopori oleh Kartini hendaknya terus mengakar dalam diri setiap kaum hawa saat ini dan hingga nanti. Emansipasi wanita yang telah lama didengung-dengungkan ke seluruh penjuru negeri semoga bukan hanya sekedar teori belaka. Kita sebagai penerus Indonesia tercinta, dengan kelemahlembutan sebagai fitrah wanita yang telah Allah berikan hendaknya bukan menjadi penghalang akan kegigihan suatu perjuangan yang bisa kita lakukan. (Rep/Ft: Andi)